LEMBAR PERSETUJUAN
LAPORAN PRAKERIN DI KANTOR UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN MEKARMUKTI
KABUPATEN GARUT
Oleh :
........................
NIS.
Laporan ini telah
disetujui oleh pembimbing untuk disidangkan
Pembimbing
I
....................................
|
Pembimbing
II
....................................
|
Mengetahui,
Kepala
SMK Mekarmukti
..................................
|
Pembimbing
Sekolah
......................................
|
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKERIN DI KANTOR UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN MEKARMUKTI
KABUPATEN GARUT
Oleh :
.......................................
NIS.
Laporan ini diujikan
pada tanggal ........................................................
Penguji I
|
Penguji II
|
Mengetahui,
Kepala SMK Mekarmukti
...........................
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat petunjuk dan
hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan prakerin
ini dengan judul “Laporan Prakerin di Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan
Mekarmukti kabupaten Garut”.
Sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW.
Laporan prakerin
ini penulis susun untuk memenuhi salah satu tugas pada semester genap
di SMK
Mekarmukti. Penulis menyadari dalam penyusunan Laporan prakerin ini masih banyak kekurangan yang diakibatkan
oleh keterbatasan ilmu yang dimiliki, oleh karena itu kritik dan saran yang
konstruktif sangat dinantikan.
Dalam
hal ini tak lupa penulis haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.
Bapak
Sudrajat AM,
S.Pd.I., selaku Kepala Sekolah di SMK
Mekarmukti.
2.
Bapak Deden Cacap Sarimudaha, S.Pd., selaku Ketua Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.
3.
Ibu Erisya Noviyanti, sebagai Pembimbing I.
4.
Bapak
Drs. Aam
Hardiman, M.M.Pd., selaku Kepala UPTD Pendidikan
Kecamatan Mekarmukti.
5.
Seluruh
staf Pelaksana TU
di Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti.
6.
Orang
tua yang dengan tulus ikhlas memberikan dorongan moril maupun materil.
7.
Rekan-rekan
semua yang selalu membantu penulis baik dalam
sekolah maupun dalam penyusunan laporan prakerin ini.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan prakerin ini dapat memberikan manfaat khusus
bagi penulis umumnya bagi para pembaca.
Garut, April 2013
Penulis
DAFTAR ISI
hal
LEMBAR
PENGESAHAN
|
||
LEMBAR
PERSETUJUAN
|
||
KATA PENGATAR .....................................................................................
|
i
|
|
DAFTAR ISI .................................................................................................
|
iii
|
|
BAB I
|
PENDAHULUAN ...............................................................
|
1
|
a.
Latar
Belakang ..............................................................
|
1
|
|
b.
Pengertian
.....................................................................
|
2
|
|
c.
Tujuan dan
Manfaat .......................................................
|
2
|
|
d.
Rumusan
Masalah ...........................................................
|
3
|
|
e.
Pengumpulan
Data ..........................................................
|
3
|
|
BAB II
|
PEMBAHASAN ..................................................................
|
4
|
a.
Profil UPTD
Pendidikan Kecamatan Mekarmukti .........
|
4
|
|
b.
Gambaran
lokasi UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti
...................................................................
|
6
|
|
c.
Korelasi UPTD
Pendidikan dengan SMK Mekarmukti
|
10
|
|
BAB III
|
HASIL PRAKERIN .............................................................
|
11
|
|
11
|
|
|
11
|
|
BAB IV
|
PENUTUP ............................................................................
|
15
|
|
15
|
|
|
16
|
|
DAFTAR PUSTAKA ....................................................................................
|
17
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
|
||
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Didasari dalam rangka meningkatkan wawasan pengalaman
belajar dan Penguasaan Keterampilan atau Keahlian Profesi tertentu pada siswa –
siswi, antara lain diperlukannya adanya penciptaan berbagai aktivitas belajar
dilingkungan Sekolah. Kondisi demikian telah lama menjadi pusat perhatian Dunia
pendidikan, lebih-lebih untuk sekolah Kejuruan, bahwa penguasaan keahlian
Profesi sebagai salah satu tujuan Esensial yang menggambarkan eksistensi
sekolah kejuruan tidak mungkin dapat diwujudkan tanpa adanya kesempatan melalui
pengenalan pada Dunia Kerja yang sebenarnya.
Praktek Kerja
Industri dan Instansi (Prakerin) merupakan suatu bentuk penyelenggaraan
pendidikan keahlian, professional yang memadukan secara sistematika dan sinkron
program pendidikan disekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh
melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja dengan tertata dan terprogram
untuk mencapai tingkat keahlian professional tertentu.
Salah satu upayah mewujudkan hal tersebut, yaitu menyelenggarkan
Program Kegiatan Praktek Kerja Industri dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda di
dunia kerja terkait dengan kondisi obyektif sekolah yang bersangkutan. Sehubungan
dengan dasar pemikiran sebagaimana diutarakan diatas, SMK Mekarmukti menerjunkan
semua siswa kelas II (dua) untuk melaksanakan Pendidikan Program Sistem Ganda (PSG)
yang di tetapkan oleh sekolah.
Prakerin
menambah wawasan dan pengalaman kepada siswa/siswi guna kemanfaatan studi
sehingga pada gilirannya lulus memuaskan yang memiliki kompetensi professional
dibidangnya masing-masing, sejalan dengan tuntutan pembangunan bangsa.
B.
Pengertian
Praktek Kerja
industri adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian propesi yang memadukan
secara sistematis dan singkron antara pendidikan disekolah dan program
penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung didunia
kerja dengan terarah dan terprogram untuk mencapai tingkat keahlian yang propesional
tertentu.
1.
Prakerin adalah bagian dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada SMK.
Prakerin merupakan bagian dari program bersama antara SMK dan Industri yang
dilaksanakan di Dunia Usaha/Dunia Industri.
2.
Program yang dilaksanakn di industri/perusahaan, meliputi :
a. Praktek dasar kejuruan, dapat dilaksanakan sebagian di
sekolah dan sebagian lainnya di industri. Praktek dasar kejuruan dapat
dilaksanakan di industri apabila industri pasangan memiliki fasilitas pelatihan
di industrinya. Ababila industri memilliki sepenuhnya dilaksanakn di sekolah.
b. Praktek keahlian produktif dilaksanakan di industri
dalam bentuk “On the Job Training”, berbentuk kegiatan mengerjakan pekerjaan
produksi atau jasa (pekerjaan yang sesungguhnya) di industri atau perusahaan.
c.
Pengaturan program a, b harus disepakati pada awal program oleh kedua
pihak.
C.
Tujuan
dan Manfaat
1. Tujuannya:
a.
Mengembangkan pengetahuan, sikap dan kemampuan serta menambah wawasan
siswa-siswi yang berkaitan dengan pelajaran yang telah diterima di sekolah.
b.
Melatih kerja dan pengamatan teknik-teknik yang diterapkan di tempat
Peraktek Kerja Industri (Prakerin) sesuai di bidang keahlian yang dimiliki.
c.
Untuk mencari pengalaman dalam Prakerin di dunai usaha/industri.
d.
Untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di sekolah.
e.
Untuk menambah bekal hidup di masa depan.
f. Memperkokoh Link and Match kesesuaian, kecocokan
antara Program Sekolah dengan tuntutan dunia kerja.
2. Manfaatnya :
Dengan adanya Praktek Sistem Ganda
(PSG), ilmu yang diperoleh dari sekolah dapat dirasakan manfaatnya dan
dikembangkan dilapangan, dan siswa juga mendapatkan wawasan baik disekolahan
maupun di instansi/perusahaan.
D.
Rumusan
Masalah
Mengapa saya memilih Prakerin di UPTD Pendidikan
Kecamatan Mekarmuti Kabupaten Garut ?
Karena di tempat itu menjadi keputusan dari sekolah dan
disesuaikan dengan jurusan yang saya tekuni yaitu Teknik Komputer dan Jaringan
juga menambah pengalaman kerja dan juga bisa lebih memahami tentang manajemen pendidikan
yang ada di lingkungan wilayah Kecamatan Mekarmukti
E.
Metode
Pengumpulan Data
Metode yang penulis gunakan untuk mendapat informasi
yaitu,
1. Observasi (Pengamatan)
Metode ini
penulis gunakan sewaktu melaksanakan Prakerin.
2. Interview (Wawancara)
Dengan
menanyakan langsung data-data kepada pimpinan
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Profil
UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti
1.
Profil UPTD Pendidikan
UPTD Pendidikan
yang ada di Kecamatan memegang peran sangat penting, demi terwujudnya
pencapaian program pemerintah wajib belajar 9 tahun. UPTD Pendidikan ini
didasari oleh ketentuan hukum yang
berlaku dari Pemerintah Daerah dengan di keluarkannya Lembaran Daerah Kabupaten
Garut Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Unit
Pelaksana Teknis Pada Dinas Dan Lembaga Teknis Daerah. Sebagaimana yang
termaktub pada Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2004 (Pasal 2 ayat 2.b :116) yang berbunyi “UPTD yang mempunyai
wilayah kerja tertentu adalah UPTD pada Dinas Pendidikan meliputi UPTD
Pendidikan Dasar”.
“UPTD
Pendidikan mempunyai tugas pokok melaksanakan dan menyelenggarakan pendidikan
sesuai dengan kewenangannya. Dalam melaksanakan tugasnya, kepala UPTD Pendidikan
wajib melaksanakan prinsip kordinasi baik di lingkungan kerja sendiri maupun
satuan organisasi serta dengan instansi lainnya sesuai dengan tugas pokok dan
fungsinya serta wajib melaksanakan koordinasi pengawasan melekat. (http://www.radarlamteng.com,
06 Oktober 2009)”
Profil UPTD Pendidikan Kec. Mekarmukti
|
||||||||||||
1.
|
Jumlah Personil Kantor UPTD Pendidikan
|
|||||||||||
Ka. UPTD
|
Kasubag
|
Bendahara
|
Sarana
|
Kepeg.
|
Kesiswaan
|
Pengawas TK/SD
|
Penilik PNF
|
Jumlah
|
||||
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
3
|
2
|
11
|
||||
2.
|
Jumlah Guru
|
|||||||||||
Kep.Sek
|
Guru
|
Jumlah
|
||||||||||
PNS
|
GBS
|
GTT
|
TK
|
PAUD
|
PKBM
|
Kursus
|
||||||
12
|
50
|
4
|
69
|
22
|
72
|
12
|
3
|
244
|
||||
3.
|
Jumlah Siswa
|
|||||||||||
SD
|
TK
|
PAUD
|
PKBM
|
Kursus
|
Jumlah
|
|||||||
2.229
|
118
|
625
|
814
|
26
|
3.812
|
|||||||
4.
|
Jumlah Sekolah
|
|||||||||||
SD
|
TK
|
PAUD
|
PKBM
|
Kursus
|
Jumlah
|
|||||||
12
|
5
|
20
|
3
|
1
|
41
|
|||||||
5.
|
Jumlah Bangunan
|
|||||||||||
SD
|
TK
|
PAUD
|
PKBM
|
|||||||||
Unit
|
Lokal
|
Unit
|
Lokal
|
Unit
|
Lokal
|
Unit
|
Lokal
|
|||||
34
|
86
|
5
|
5
|
13
|
3
|
3
|
3
|
|||||
KURSUS
|
Jumlah
|
|||||||||||
Unit
|
Lokal
|
Unit
|
Lokal
|
|||||||||
1
|
1
|
56
|
98
|
2.
Daftar Nama Pegawai di Lingkungan Kantor UPTD
Pendidikan Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut.
No
|
Nama
dan NIP
|
Pangkat/Gol
|
Jabatan
|
Bagian
|
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
||||
4.
|
||||
5.
|
||||
6.
|
||||
7.
|
||||
8.
|
||||
9.
|
||||
10.
|
||||
11.
|
3.
Visi dan Misi UPTD Pendidikan
Visi dan Misi UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut.
a)
Visi
"Penyelenggaraan
layanan pendidikan yang berkualitas berlandaskan ketaqwaan kepada Tuhan Yang
Maha Esa"
b)
Misi
1.
Menyelenggarakan pembinaan pendidikan yang baik.
2.
Penyelenggaraan pendidikan yang merata.
3. Peningkatan
mutu pendidikan dan tenaga kependidikan.
B.
Gambaran
Lokasi UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti
Lokasi UPTD
Pendidikan Kecamatan Mekarmukti yang beralamat di Jalan Raya Cijayana
Mekarmukti – Garut – 44165 dengan posisi garis bumi Latitude (-7.505961) dan Longitude (107.579198).
Gb 1. Denah Kantor UPTD
Pendidikan Kec. Mekarmukti
Gb 2. Kantor
UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti
Gb 3. Ruangan
Staf
Gb 4. Ruangan
Kepegawaian dan Operator
Gb 5. Ruangan
Bendahara
Gb 6. Ruangan
Pengawas
Gb 7. Ruang
Rapat
Gb 8. Ruang
Kepala
Gb 9. Mushola
Gb 10. Kamar
Mandi
C.
Korelasi
UPTD Pendidikan dengan SMK Mekarmukti
Korelasi dalam
dunia pendidikan antara UPTD Pendidikan dan SMK Mekarmukti yaitu sama-sama
untuk saling memajukan pendidikan agar anak didiknya mendapatkan pelajaran atau
ilmu yang bermanfaat bagi dirinya serta nusa dan bangsa.
BAB III
HASIL PRAKERIN
A.
Persiapan
Berkaitan dengan adanya program Teknik Komputer dan
Jaringan di SMK Mekarmukti, yang bertujuan untuk memenuhi kurikulum di sekolah,
maka sekolah kami mengajukan izin Praktek Kerja Lapangan di UPTD Pendidikan
Kecamatan Mekarmukti pada Tanggal 4 Maret 2013 sampai dengan 18 April 2013,
adapun persiapannya sebagai berikut :
1.
Surat Tugas
2.
Buku Prakerin
3.
Daftar Hadir Prakerin
4.
Kartu Identitas Peserta Prakerin
Prakerin SMK Mekarmukti tersebut yang berlandaskan pada :
a)
Undang-Undang Dasar 1945
b)
Undang-Undang No. 2 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
c)
Kepmendikbud No. 0490/U/1992, tentang Sekolah Menengah Kejuruan
d)
Kepmendikbud No. 080/U/1993, tentang Kurikulum SMK
e)
Kepmendikbud No. 323/U/1993, tentang Penyelenggaraan PSG pada SMK
B.
Pelaksanaan
dan Hasil Kegiatan
Pelaksanaan
Prakerin di mulai tanggal 4 Maret
2013 sampai dengan 18 April 2013, di Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan
Mekarmukti.
a. Pelaksanaan
a. Pelaksanaan
1. Pembelajaran di dunia kerja adalah bagian intergral
dari program diklat secara menyeluruh, karena itu materi yang dipelajari dan
kompetensi yang dilatihkan harus jelas kaitannya dengan profil kompetensi
tamatan yang ditetapkan.
2. Mengingat iklim kerja yang ada di SMK berbeda dengan
yang terjadi di dunia kerja maka sekolah menyiapkan peserta sesuai dengan
karakteristik dan tuntutan dunia kerja tempat berlatih.
3. Sebelum peserta diterjunkan untuk belajar di dunia
kerja, sekolah bersama Institusi Pasangan mengadakan pembekalan bagi peserta
yang menyangkut :
a. Pemahaman
tentang program pelatihan yang akan diikuti
b. Pemahaman peraturan ketenagakerjaan secara umum dan
tata tertib (disiplin) pekerja ditempat mereka akan bekerja
c. Orientasi tempat kerja
4. Peserta ditempatkan pada pekerjaan-pekerjaan yang
sesuai dengan program yang telah disepakati
5. Sejauh berkaitan dengan misi program peserta dapat
diperlakukan sebagaimana layaknya pekerja pada umumnya
6. Peserta dapat diberi pekerjaan lain, sejauh tidak
menganggu program yang telah ditetapkan
7. Segala sesuatu yang menyangkut peraturan dan tata
tertib, disiplin pekerja di institusi pasangan dunia kerja dapat dilakukan
terhadap peserta sejauh berkaitan dengan misi program
8. Kegiatan pelatihan di institusi pasangan diprogramkan
sesuai dengan program bersama yang telah disepakati
9. Peserta pelatihan adalah tingkat dua semester kedua
selama satu bulan dan tingkat tiga semester kedua selama dua bulan
b.
Hasil
Kegiatan
Pada
pelaksanaan prakerin di Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti dengan
hasil kegiatan sebagai berikut :
No
|
Hari
|
Tanggal
|
Kegiatan
|
1.
|
Senin
|
04-03-2013
|
- Perkenalan
- Membersihkan
ruangan rapat
- Membuat
agenda harian
|
2.
|
Selasa
|
05-03-2013
|
- Memberesihkan
ruangan
- Pembuatan
daftar hadir rapat kepala sekolah
|
3.
|
Rabu
|
06-03-2013
|
- Mengisi
agenda tentang daftar pegawai kantor
- Mempelajari
daftar satu “data siswa”
|
4.
|
kamis
|
07-03-2013
|
- Membersihkan
ruangan
- Mengisi
daftar gaji pokok PNS
- Mempelajari
dan mengisi daftar II Bulan Januari
|
5.
|
Jumat
|
8-03-2013
|
- Menjumlah
dan mengisi daftar II Bulan Januari
|
6.
|
Senin
|
11-03-2013
|
- Membersihkan
ruangan
- Penerimaan
Nota pengiriman koran ke- UPTD Mekarmukti
|
7.
|
Senin
|
18-03-2013
|
- Penerimaan
surat masuk
- Membersihkan
ruangan
|
8.
|
Selasa
|
19-03-2013
|
- Membersihkan
ruangan
- Menerima
daftar hadir kepala sekolah SD Mekarmukti 03
- Menjumlah
dan mengisi daftar II bulan Februari
|
9.
|
Rabu
|
20-03-2013
|
- Penerimaan
daftar II bulan Februari SD Mekarmukti 04
|
10.
|
Kamis
|
21-03-2013
|
- Membersihkan
ruangan
- Mengisi
daftar II bulan februari
|
11.
|
Jumat
|
22-03-2013
|
- Mengisi
surat masuk pada agenda surat masuk
|
12.
|
Rabu
|
27-03-2013
|
- Mengisi
surat masuk pada agenda surat masuk
- Mengisi
surat kabar mingguan Garut expres menurut sekolah masing-masing
- Membersihkan
ruangan
|
13.
|
Kamis
|
28-03-2013
|
- Membersihkan
ruangan
- Merekap
ulang daftar I dan II bulan januari
|
14.
|
Senin
|
01-04-2013
|
- Membersihkan
ruangan
- Mengisi
surat masuk pada agenda surat masuk
|
15.
|
Rabu
|
03-04-2013
|
- Membersihkan
ruangan
- Memeriksa
dokumen penting (rahasia) latihan ujian nasional tahun ajaran 2012/2013
|
16.
|
Kamis
|
04-04-2013
|
- Membersihkan
ruangan
- Pembuatan
daftar hadir rapat dinas kepala sekolah
|
17.
|
Jumat
|
05-03-2013
|
- Membersihkan
ruangan
|
18.
|
Senin
|
08-04-2013
|
- Menerima
surat kabar mingguan Garut exspres
|
19.
|
Selasa
|
09-04-2013
|
- Mengisi
surat masuk dari disdik pada agenda surat masuk
|
20.
|
Rabu
|
10-04-2014
|
- Mengisi
surat masuk dari kecamatan mekarmukti pada agenda surat masuk
|
21.
|
Kamis
|
11-04-2014
|
- Menjumlah
dan mengisi daftar II bulan maret
|
22.
|
Jumat
|
12-04-2013
|
- Membersihkan
ruangan
|
23.
|
Selasa
|
16-04-2013
|
- Membuat
daftar hadir rafat dinas kepala sekolah
|
24.
|
Rabu
|
16-04-2013
|
- Menerima
sekaligus mencatat data sertifikasi pendidik kecamatan mekarmukti
|
25.
|
Kamis
|
17-04-2013
|
- Bersih-bersih
|
Demikian hasil
kegiatan yang penulis peroleh selama melaksanakan prektek Prakerin di Kantor
UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut selama lebih kurang dua
bulan tersebut.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan
kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih
jauh bagaimana cara bekerja dilapangan sesuai keahlian masing-masing siswa. Sehingga
siswa dapat melihat gambaran mengenai kagiatan bidang usaha dimasa yang akan
datang, serta siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan
peluang kerja dan kesempatan kerja.
Dalam dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup
baik, instansi-instansi biasanya memerlukan karyawan yang disiplin, terampil,
rajin dan cerdas. Pada praktek kerja lapangan ini diperlukan keahlian yang
cukup. Selama penulis melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Kantor UPTD
Pendidikan Kecamatan Mekarmukti, penulis merasa bangga bisa mendapatkan Ilmu
yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak
pengalaman.
Tujuan lain PKL (Praktek Kerja Lapangan) adalah
menambah wawasan yang luas bagi siswa dan siswi, terutama dalam bidang yang di
tempatinya. Adapula tempat yang disukai yakni diruangan pendataan, penulis bisa
belajar dan dapat mengetahui yang belum penulis dapatkan selama ini, terutama
pengetahuan tentang berbagai aplikasi kependidikan yang tersedia.
Praktek Kerja Lapangan (PKL) telah terlaksana dengan
baik, dengan program keahlian masing-masing tanpa halangan apapun dan penulis
mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala UPTD Pendidikan beserta semua
rekan kerjanya yang telah bersedia menerima penulis apa adanya untuk
melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) dan bersedia mendampingi penulis
selama PKL berlangsung.
B.
Saran
Dengan segenap kekurangan
dan keterbatasan yang dimiliki, penulis menyarankan bagi semua pembaca
khususnya siswa-siswi SMK Mekarmukti terutama adik kelas agar lebih bersemangat
dan bersungguh-sungguh dalam
melaksanakan program yang diadakan disekolah dan bagi semua teman seperjuangan
agar tetap bersemangat dan berjuang dalam mengembangkan potensi diri dan
menjaga nama baik sekolah.
Sebuah karya pasti mempunyai
kelebihan dan juga kelemahan, penulis merasa bahwa karya yang telah dibuat ini
masih banyak kekurangannya oleh karena itu penulis senantiasa mengharapkan
saran dan kritik yang dapat membangun semangat kami agar dapat membuat yang
lebih baik dari sebelumnya. Untuk saran dan kritiknya dapat menghubungi sekolah
atau pihak yang bersangkutan.
Sebagai kata penutup dalam
penulisan tugas ahir ini, penulis panjat
puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga
dengan penuh kesabaran, ketabahan, dan jerih payah penulis dapat menyelesaikan
tugas ini dengan baik. Semoga apa yang telah penulis paparkan dalam tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi diri penulis khususnya dan pembaca pada umumnya. Hanya kepada Allah
lah segalanya penulis kembalikan, sebab di tangan-Nyalah sumber segala
kebenaran. Bila ada sedikit kebenaran dalam tugas ahir ini
semata-mata datangnya dari Allah SWT dan bila terdapat banyak kesalahan itu karena kedho’ifan penulisan.
Demikianlah penulisan laporan ini dibuat, semoga bermanfaat Amin ya
Mujibassa’ilin.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar