Dengan Alamat Jalan Raya Cijayana Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut_44165

Kamis, 25 April 2013

LAPORAN PRAKERIN



LEMBAR PERSETUJUAN


LAPORAN PRAKERIN DI KANTOR UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN MEKARMUKTI KABUPATEN GARUT




Oleh :

........................
NIS.





Laporan ini telah disetujui oleh pembimbing untuk disidangkan

Pembimbing I





....................................

Pembimbing II





....................................




Mengetahui,



Kepala SMK Mekarmukti





..................................
Pembimbing Sekolah





......................................

LEMBAR PENGESAHAN



LAPORAN PRAKERIN DI KANTOR UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN MEKARMUKTI KABUPATEN GARUT




Oleh :

.......................................
NIS.




Laporan ini diujikan pada tanggal ........................................................


Penguji I







Penguji II










Mengetahui,
Kepala SMK Mekarmukti





...........................

KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat petunjuk dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan prakerin ini dengan judul “Laporan Prakerin di Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti kabupaten Garut”. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW.
Laporan prakerin ini penulis susun untuk memenuhi salah satu tugas pada semester genap di SMK Mekarmukti. Penulis menyadari dalam penyusunan Laporan prakerin ini masih banyak kekurangan yang diakibatkan oleh keterbatasan ilmu yang dimiliki, oleh karena itu kritik dan saran yang konstruktif sangat dinantikan.
Dalam hal ini tak lupa penulis haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.    Bapak Sudrajat AM, S.Pd.I., selaku  Kepala Sekolah di SMK Mekarmukti.
2.    Bapak Deden Cacap Sarimudaha, S.Pd., selaku Ketua Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.
3.    Ibu Erisya Noviyanti, sebagai  Pembimbing I.
4.    Bapak Drs. Aam Hardiman, M.M.Pd., selaku Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti.
5.    Seluruh staf Pelaksana TU di Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti.
6.    Orang tua yang dengan tulus ikhlas memberikan dorongan moril maupun materil.
7.    Rekan-rekan semua yang selalu membantu penulis baik dalam sekolah maupun dalam penyusunan laporan prakerin ini.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan prakerin ini dapat memberikan manfaat khusus bagi penulis umumnya bagi para pembaca.



Garut,    April 2013

Penulis












DAFTAR ISI

    hal
LEMBAR PENGESAHAN

LEMBAR PERSETUJUAN

KATA PENGATAR .....................................................................................
i
DAFTAR ISI .................................................................................................
iii


BAB I
PENDAHULUAN ...............................................................
1

a.         Latar Belakang ..............................................................
1

b.         Pengertian .....................................................................
2

c.         Tujuan dan Manfaat .......................................................
2

d.        Rumusan Masalah ...........................................................
3

e.         Pengumpulan Data ..........................................................
3



BAB II
PEMBAHASAN ..................................................................
4

a.         Profil UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti .........
4

b.         Gambaran lokasi UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti ...................................................................
6

c.         Korelasi UPTD Pendidikan dengan SMK Mekarmukti
10



BAB III
HASIL PRAKERIN .............................................................
11

  1. Persiapan ...................................................................
11

  1. Pelaksanaan dan Hasil Kegiatan ................................
11



BAB IV
PENUTUP ............................................................................
15

  1. Kesimpulan ...............................................................
15

  1. Saran .........................................................................
16



DAFTAR PUSTAKA ....................................................................................
17


LAMPIRAN-LAMPIRAN

















 

BAB 1
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Didasari dalam rangka meningkatkan wawasan pengalaman belajar dan Penguasaan Keterampilan atau Keahlian Profesi tertentu pada siswa – siswi, antara lain diperlukannya adanya penciptaan berbagai aktivitas belajar dilingkungan Sekolah. Kondisi demikian telah lama menjadi pusat perhatian Dunia pendidikan, lebih-lebih untuk sekolah Kejuruan, bahwa penguasaan keahlian Profesi sebagai salah satu tujuan Esensial yang menggambarkan eksistensi sekolah kejuruan tidak mungkin dapat diwujudkan tanpa adanya kesempatan melalui pengenalan pada Dunia Kerja yang sebenarnya.
Praktek Kerja Industri dan Instansi (Prakerin) merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian, professional yang memadukan secara sistematika dan sinkron program pendidikan disekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja dengan tertata dan terprogram untuk mencapai tingkat keahlian professional tertentu.
Salah satu upayah mewujudkan hal tersebut, yaitu menyelenggarkan Program Kegiatan Praktek Kerja Industri dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda di dunia kerja terkait dengan kondisi obyektif sekolah yang bersangkutan. Sehubungan dengan dasar pemikiran sebagaimana diutarakan diatas, SMK Mekarmukti menerjunkan semua siswa kelas II (dua) untuk melaksanakan Pendidikan Program Sistem Ganda (PSG) yang di tetapkan oleh sekolah.
Prakerin menambah wawasan dan pengalaman kepada siswa/siswi guna kemanfaatan studi sehingga pada gilirannya lulus memuaskan yang memiliki kompetensi professional dibidangnya masing-masing, sejalan dengan tuntutan pembangunan bangsa.




B.       Pengertian
Praktek Kerja industri adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian propesi yang memadukan secara sistematis dan singkron antara pendidikan disekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung didunia kerja dengan terarah dan terprogram untuk mencapai tingkat keahlian yang propesional tertentu.
1.        Prakerin adalah bagian dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada SMK. Prakerin merupakan bagian dari program bersama antara SMK dan Industri yang dilaksanakan di Dunia Usaha/Dunia Industri.
2.        Program yang dilaksanakn di industri/perusahaan, meliputi :
a.       Praktek dasar kejuruan, dapat dilaksanakan sebagian di sekolah dan sebagian lainnya di industri. Praktek dasar kejuruan dapat dilaksanakan di industri apabila industri pasangan memiliki fasilitas pelatihan di industrinya. Ababila industri memilliki sepenuhnya dilaksanakn di sekolah.
b.      Praktek keahlian produktif dilaksanakan di industri dalam bentuk “On the Job Training”, berbentuk kegiatan mengerjakan pekerjaan produksi atau jasa (pekerjaan yang sesungguhnya) di industri atau perusahaan.
c.       Pengaturan program a, b harus disepakati pada awal program oleh kedua pihak.

C.      Tujuan dan Manfaat
1.      Tujuannya:
a.       Mengembangkan pengetahuan, sikap dan kemampuan serta menambah wawasan siswa-siswi yang berkaitan dengan pelajaran yang telah diterima di sekolah.
b.      Melatih kerja dan pengamatan teknik-teknik yang diterapkan di tempat Peraktek Kerja Industri (Prakerin) sesuai di bidang keahlian yang dimiliki.
c.       Untuk mencari pengalaman dalam Prakerin di dunai usaha/industri.
d.      Untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di sekolah.
e.       Untuk menambah bekal hidup di masa depan.
f.       Memperkokoh Link and Match kesesuaian, kecocokan antara Program Sekolah dengan tuntutan dunia kerja.
2.      Manfaatnya :
Dengan adanya Praktek Sistem Ganda (PSG), ilmu yang diperoleh dari sekolah dapat dirasakan manfaatnya dan dikembangkan dilapangan, dan siswa juga mendapatkan wawasan baik disekolahan maupun di instansi/perusahaan.

D.      Rumusan Masalah
Mengapa saya memilih Prakerin di UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmuti Kabupaten Garut ?
Karena di tempat itu menjadi keputusan dari sekolah dan disesuaikan dengan jurusan yang saya tekuni yaitu Teknik Komputer dan Jaringan juga menambah pengalaman kerja dan juga bisa lebih memahami tentang manajemen pendidikan yang ada di lingkungan wilayah Kecamatan Mekarmukti

E.       Metode Pengumpulan Data
Metode yang penulis gunakan untuk mendapat informasi yaitu,
1.      Observasi (Pengamatan)
Metode ini penulis gunakan sewaktu melaksanakan Prakerin.
2.      Interview (Wawancara)
Dengan menanyakan langsung data-data kepada pimpinan














BAB II
PEMBAHASAN

A.      Profil UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti
1.      Profil UPTD Pendidikan
UPTD Pendidikan yang ada di Kecamatan memegang peran sangat penting, demi terwujudnya pencapaian program pemerintah wajib belajar 9 tahun. UPTD Pendidikan ini didasari oleh ketentuan hukum  yang berlaku dari Pemerintah Daerah dengan di keluarkannya Lembaran Daerah Kabupaten Garut Peraturan  Daerah  Nomor 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Pada Dinas Dan Lembaga Teknis Daerah. Sebagaimana yang termaktub pada Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2004 (Pasal 2 ayat 2.b  :116) yang berbunyi “UPTD yang mempunyai wilayah kerja tertentu adalah UPTD pada Dinas Pendidikan meliputi UPTD Pendidikan Dasar”.
“UPTD Pendidikan mempunyai tugas pokok melaksanakan dan menyelenggarakan pendidikan sesuai dengan kewenangannya. Dalam melaksanakan tugasnya, kepala UPTD Pendidikan wajib melaksanakan prinsip kordinasi baik di lingkungan kerja sendiri maupun satuan organisasi serta dengan instansi lainnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya serta wajib melaksanakan koordinasi pengawasan melekat.  (http://www.radarlamteng.com, 06 Oktober 2009)”

Profil UPTD Pendidikan Kec. Mekarmukti













1.
Jumlah Personil Kantor UPTD Pendidikan






















Ka. UPTD
Kasubag
Bendahara
Sarana
Kepeg.
Kesiswaan
Pengawas TK/SD
Penilik PNF
Jumlah




1
1
1
1
1
1
3
2
11
















2.
Jumlah Guru
























Kep.Sek
Guru
Jumlah




PNS
GBS
GTT
TK
PAUD
PKBM
Kursus




12
50
4
69
22
72
12
3
244





















3.
Jumlah Siswa
























SD
TK
PAUD
PKBM
Kursus
Jumlah







2.229
118
625
814
26
3.812



















4.
Jumlah Sekolah
























SD
TK
PAUD
PKBM
Kursus
Jumlah







12
5
20
3
1
41



















5.
Jumlah Bangunan
























SD
TK
PAUD
PKBM



Unit
Lokal
Unit
Lokal
Unit
Lokal
Unit
Lokal





34
86
5
5
13
3
3
3


















KURSUS
Jumlah









Unit
Lokal
Unit
Lokal









1
1
56
98









2.      Daftar Nama Pegawai di Lingkungan Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut.
No
Nama dan NIP
Pangkat/Gol
Jabatan
Bagian
1.       




2.       




3.       




4.       




5.       




6.       




7.       




8.       




9.       




10.   




11.   





3.      Visi dan Misi UPTD Pendidikan
Visi dan Misi UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut.
a)      Visi
"Penyelenggaraan layanan pendidikan yang berkualitas berlandaskan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa"
b)      Misi
1. Menyelenggarakan pembinaan pendidikan yang baik.
2. Penyelenggaraan pendidikan yang merata.
3. Peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan.

B.       Gambaran Lokasi UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti
Lokasi UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti yang beralamat di Jalan Raya Cijayana Mekarmukti – Garut – 44165 dengan posisi garis bumi Latitude (-7.505961) dan Longitude (107.579198).
denhhh.jpg
Gb 1. Denah Kantor UPTD Pendidikan Kec. Mekarmukti

Gb 2. Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti

Gb 3. Ruangan Staf

Gb 4. Ruangan Kepegawaian dan Operator

Gb 5. Ruangan Bendahara

Gb 6. Ruangan Pengawas

Gb 7. Ruang Rapat

Gb 8. Ruang Kepala

Gb 9. Mushola

Gb 10. Kamar Mandi

C.      Korelasi UPTD Pendidikan dengan SMK Mekarmukti
Korelasi dalam dunia pendidikan antara UPTD Pendidikan dan SMK Mekarmukti yaitu sama-sama untuk saling memajukan pendidikan agar anak didiknya mendapatkan pelajaran atau ilmu yang bermanfaat bagi dirinya serta nusa dan bangsa.







BAB III
HASIL PRAKERIN

A.      Persiapan
Berkaitan dengan adanya program Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Mekarmukti, yang bertujuan untuk memenuhi kurikulum di sekolah, maka sekolah kami mengajukan izin Praktek Kerja Lapangan di UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti pada Tanggal 4 Maret 2013 sampai dengan 18 April 2013, adapun persiapannya sebagai berikut :
1.        Surat Tugas
2.        Buku Prakerin
3.        Daftar Hadir Prakerin
4.        Kartu Identitas Peserta Prakerin
Prakerin SMK Mekarmukti tersebut yang berlandaskan pada :
a)      Undang-Undang Dasar 1945
b)      Undang-Undang No. 2 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
c)      Kepmendikbud No. 0490/U/1992, tentang Sekolah Menengah Kejuruan
d)     Kepmendikbud No. 080/U/1993, tentang Kurikulum SMK
e)      Kepmendikbud No. 323/U/1993, tentang Penyelenggaraan PSG pada SMK

B.       Pelaksanaan dan Hasil Kegiatan
Pelaksanaan Prakerin di mulai tanggal 4 Maret 2013 sampai dengan 18 April 2013, di Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti.
a.    Pelaksanaan
1.      Pembelajaran di dunia kerja adalah bagian intergral dari program diklat secara menyeluruh, karena itu materi yang dipelajari dan kompetensi yang dilatihkan harus jelas kaitannya dengan profil kompetensi tamatan yang ditetapkan.
2.      Mengingat iklim kerja yang ada di SMK berbeda dengan yang terjadi di dunia kerja maka sekolah menyiapkan peserta sesuai dengan karakteristik dan tuntutan dunia kerja tempat berlatih.
3.      Sebelum peserta diterjunkan untuk belajar di dunia kerja, sekolah bersama Institusi Pasangan mengadakan pembekalan bagi peserta yang menyangkut :
a.        Pemahaman tentang program pelatihan yang akan diikuti
b.      Pemahaman peraturan ketenagakerjaan secara umum dan tata tertib (disiplin) pekerja ditempat mereka akan bekerja
c.       Orientasi tempat kerja
4.      Peserta ditempatkan pada pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan program yang telah disepakati
5.      Sejauh berkaitan dengan misi program peserta dapat diperlakukan sebagaimana layaknya pekerja pada umumnya
6.      Peserta dapat diberi pekerjaan lain, sejauh tidak menganggu program yang telah ditetapkan
7.      Segala sesuatu yang menyangkut peraturan dan tata tertib, disiplin pekerja di institusi pasangan dunia kerja dapat dilakukan terhadap peserta sejauh berkaitan dengan misi program
8.      Kegiatan pelatihan di institusi pasangan diprogramkan sesuai dengan program bersama yang telah disepakati
9.      Peserta pelatihan adalah tingkat dua semester kedua selama satu bulan dan tingkat tiga semester kedua selama dua bulan

b.        Hasil Kegiatan
Pada pelaksanaan prakerin di Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti dengan hasil kegiatan sebagai berikut :
No
Hari
Tanggal
Kegiatan
1.       
Senin
04-03-2013
-     Perkenalan
-     Membersihkan ruangan rapat
-     Membuat agenda harian
2.       
Selasa
05-03-2013
-     Memberesihkan ruangan
-     Pembuatan daftar hadir rapat kepala sekolah
3.       
Rabu
06-03-2013
-     Mengisi agenda tentang daftar pegawai kantor
-     Mempelajari daftar satu “data siswa”
4.       
kamis
07-03-2013
-     Membersihkan ruangan
-     Mengisi daftar gaji pokok PNS
-     Mempelajari dan mengisi daftar II Bulan Januari
5.       
Jumat
8-03-2013
-     Menjumlah dan mengisi daftar II Bulan Januari
6.       
Senin
11-03-2013
-     Membersihkan ruangan
-     Penerimaan Nota pengiriman koran ke- UPTD Mekarmukti
7.       
Senin
18-03-2013
-     Penerimaan surat masuk
-     Membersihkan ruangan
8.       
Selasa
19-03-2013
-     Membersihkan ruangan
-     Menerima daftar hadir kepala sekolah SD Mekarmukti 03
-     Menjumlah dan mengisi daftar II bulan Februari
9.       
Rabu
20-03-2013
-     Penerimaan daftar II bulan Februari SD Mekarmukti 04
10.   
Kamis
21-03-2013
-     Membersihkan ruangan
-     Mengisi daftar II bulan februari
11.   
Jumat
22-03-2013
-     Mengisi surat masuk pada agenda surat masuk
12.   
Rabu
27-03-2013
-     Mengisi surat masuk pada agenda surat masuk
-     Mengisi surat kabar mingguan Garut expres menurut sekolah masing-masing
-     Membersihkan ruangan
13.   
Kamis
28-03-2013
-     Membersihkan ruangan
-     Merekap ulang daftar I dan II bulan januari
14.   
Senin
01-04-2013
-     Membersihkan ruangan
-     Mengisi surat masuk pada agenda surat masuk
15.   
Rabu
03-04-2013
-     Membersihkan ruangan
-     Memeriksa dokumen penting (rahasia) latihan ujian nasional tahun ajaran 2012/2013
16.   
Kamis
04-04-2013
-     Membersihkan ruangan
-     Pembuatan daftar hadir rapat dinas kepala sekolah
17.   
Jumat
05-03-2013
-     Membersihkan ruangan
18.   
Senin
08-04-2013
-     Menerima surat kabar mingguan Garut exspres
19.   
Selasa
09-04-2013
-     Mengisi surat masuk dari disdik pada agenda surat masuk
20.   
Rabu
10-04-2014
-     Mengisi surat masuk dari kecamatan mekarmukti pada agenda surat masuk
21.   
Kamis
11-04-2014
-     Menjumlah dan mengisi daftar II bulan maret
22.   
Jumat
12-04-2013
-     Membersihkan ruangan
23.   
Selasa
16-04-2013
-     Membuat daftar hadir rafat dinas kepala sekolah
24.   
Rabu
16-04-2013
-     Menerima sekaligus mencatat data sertifikasi pendidik kecamatan mekarmukti
25.   
Kamis
17-04-2013
-     Bersih-bersih

Demikian hasil kegiatan yang penulis peroleh selama melaksanakan prektek Prakerin di Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut selama lebih kurang dua bulan tersebut.
























BAB IV
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara bekerja dilapangan sesuai keahlian masing-masing siswa. Sehingga siswa dapat melihat gambaran mengenai kagiatan bidang usaha dimasa yang akan datang, serta siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan peluang kerja dan kesempatan kerja.
Dalam dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik, instansi-instansi biasanya memerlukan karyawan yang disiplin, terampil, rajin dan cerdas. Pada praktek kerja lapangan ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama penulis melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Mekarmukti, penulis merasa bangga bisa mendapatkan Ilmu yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak pengalaman.
Tujuan lain PKL (Praktek Kerja Lapangan) adalah menambah wawasan yang luas bagi siswa dan siswi, terutama dalam bidang yang di tempatinya. Adapula tempat yang disukai yakni diruangan pendataan, penulis bisa belajar dan dapat mengetahui yang belum penulis dapatkan selama ini, terutama pengetahuan tentang berbagai aplikasi kependidikan yang tersedia.
Praktek Kerja Lapangan (PKL) telah terlaksana dengan baik, dengan program keahlian masing-masing tanpa halangan apapun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala UPTD Pendidikan beserta semua rekan kerjanya yang telah bersedia menerima penulis apa adanya untuk melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) dan bersedia mendampingi penulis selama PKL berlangsung.



B.       Saran
Dengan segenap kekurangan dan keterbatasan yang dimiliki, penulis menyarankan bagi semua pembaca khususnya siswa-siswi SMK Mekarmukti terutama adik kelas agar lebih bersemangat dan  bersungguh-sungguh dalam melaksanakan program yang diadakan disekolah dan bagi semua teman seperjuangan agar tetap bersemangat dan berjuang dalam mengembangkan potensi diri dan menjaga nama baik sekolah.
Sebuah karya pasti mempunyai kelebihan dan juga kelemahan, penulis merasa bahwa karya yang telah dibuat ini masih banyak kekurangannya oleh karena itu penulis senantiasa mengharapkan saran dan kritik yang dapat membangun semangat kami agar dapat membuat yang lebih baik dari sebelumnya. Untuk saran dan kritiknya dapat menghubungi sekolah atau pihak yang bersangkutan.
Sebagai kata penutup dalam penulisan tugas ahir ini,  penulis panjat puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga dengan penuh kesabaran, ketabahan, dan jerih payah penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Semoga apa yang telah penulis paparkan dalam tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi diri penulis khususnya dan pembaca pada umumnya. Hanya kepada Allah lah segalanya penulis kembalikan, sebab di tangan-Nyalah sumber segala kebenaran. Bila ada sedikit kebenaran dalam tugas ahir ini semata-mata datangnya dari Allah SWT dan bila terdapat banyak kesalahan itu karena kedho’ifan penulisan.
Demikianlah penulisan laporan ini dibuat, semoga bermanfaat Amin ya Mujibassa’ilin.







DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar